Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 15 November 2011

Belajar dari sebuah cerita

Setiap orang dalam hidup nya selalu belajar....
Belajar belajar belajar dan terus belajar

Anda tahu apa itu yang di sebut belajar..
Ini ada 2 definisi belajar yang saya dapat kan dari http://id.wikipedia.org/wiki/Belajar
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.

Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.


Sulit memahami nya kan????
Sama saya juga tidak terlalu memahami...
Bagi saya Belajar itu keinginan dan usaha untuk menjadi lebih baik.....

Dari begitu banyak pembelajaran di dunia ini, satu hal yang sulit saya lakukan adalah belajar IKHLAS

Memang cuma 6 huruf, tapi ternyata sangat sulit sekali dalam aplikasi nya
Padahal begitu banyak manfaat yang kita peroleh jika kita bisa belajar ikhlas dan sabar itu sendiri....
Saya gak akan menuliskan manfaat ikhlas itu sendiri..
Kenapa???
karena begitu banyak nya manfaat ikhlas dan sabar itu...

Disini saya nukilkan sebuah cerita seorang guru yang benar benar ikhlas dalam hidup nya yang sederhana

Sejak ditayangkan dalam salah satu program Metro TV yaitu Kick Andy Hope, kita menjadi lebih mengenal Siti Fauzanah, sosok yang selalu membuat kagum anak didiknya dan semua orang. Beliau di usia senjanya dan dengan kesederhanaan hidup, tetap mendedikasikan dirinya untuk membantu sesama.

Pengabdiam penuh kecintaan dan keikhlasan beliau dalam menularkan ilmu telah membuahkan hasil. Ini dibuktikan beberapa anak didiknya ada yang menjadi juara olimpiade matematika baik tingkat kabupaten maupun dunia.

Ibu Siti Fauzanah adalah sosok guru yang penuh cinta dan ikhlas mengabdi untuk mengajarkan mata pelajaran yang sangat digemarinya, matematika. Pengabdian penuh cinta dan ihlas ini dibuktikan dengan menjadi guru honorer di almamater yang pernah di asuhnya selama bertahun tahun, SMP Negeri 1 Parakan Temanggung setelah pensiun dari guru selama bertahun tahun di SMP tersebut.

SMP Negeri 1 Parakan Temanggung

Saat ini, bu Yan masih mengajar lo

Sampai saat inipun, Bu Yan (panggilan akrab anak didiknya) juga menerima les di rumah kontrakan beliau di dusun Ngempon Lor, Parakan - Temanggung. Di rumah kontrakan sederhana yang beliau sebut sebagai Puskesmas Matematika, Bu Yan menerima banyak siswa untuk, mendapatkan pelajaran tambahan. Bagi Bu Yan siswa yang kurang memahami dalam bidang study matematika disebutnya sakit, jadi perlu dibawa ke puskesmas. Kadang dalam menerima “pasien” Bu Yan tidak meminta imbalan buat pasien yang kurang mampu. Bagi yang mampu beliau hanya mematok 50 ribu rupiah perbulan untuk 8 kali pertemuan.

di rumah kontrakan sederhana inilah bu Yan mengajar anak didiknya

Jiwa sosial Bu Yan ini memang sangat tinggi dan sepatutnyalah negeri ini berbangga ada seorang ibu guru dengan gaji yang tidak seberapa mampu membiayai beberapa murid kurang mampu agar mereka tetap bersekolah. Salah satu dari mereka adalah seorang dosen lulusan S-2 UGM , Nanang Susyanto.

Di usia senjanya kini tak pernah tampak raut kelelahan pada wajah beliau. Setiap bertemu masih ada senyum sumringah beliau yang menunjukkan ketulusannya menjalani hidup. Dan dari Bu Yan, saya bisa banyak belajar bahwa membantu itu tak harus kaya, dengan kesederhanaan dan keterbatasan, beliau tetap membantu sesama.

Bu Yan bersama anak didiknya yang telah menjadi dosen dan juara olimpiade

Sungguh luar biasa! Ya, bu Yan adalah sosok pejuang, guru sejati dan juga insan yang berbudi luhur. Semoga pengabdian dan dedikasi yang penuh cinta dan ikhlas dari bu Yan dapat menginspirasi kita semua, amin.


Satu hal yang saya tahu dari begitu banyak nya orang yang ikhlas dalam hidup nya adalah tak pantang menyerah, mau terus belajar, dan tentu saja selalu tersenyum. Bukan hanya senyum untuk sendiri nya tapi juga dapat membuat orang di sekitar nya dapat tersenyum juga....
^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar